tentang si penulis

My photo
Bandung, Bandung, Indonesia
Seseorang yang sedang menempuh kehidupan di dunia arsitektural,khususnya ITB. Saat ini sedang menjalani kehidupan pasca tingkat 2 arsitektur dan sedang disibukkan persiapan untuk 'menyambut' adik2 2008 ke dalam wadah bernama IMA Gunadharma.

Monday, June 23, 2008

Diklat Taplok Ke-3

hari ini, senin, 23 Juni 2008 ada diklat taplok lagi. Tadi dikumpulin di amphi GKU Barat gitu. Naa,acara pertamanya adalah KAWINAN!! Jadi kita dipasang2in gituh,,trus nantinya ampe INKM itu pasangan kita. Tujuanny sih biar kita lebih kompak dari sekarang.

Nah abis itu dilanjutin dengan simulasi. Di simulasi ini ada beberapa pos. Di tiap pos ini kita gantian jadi peserta sama taplok, dengan kepribadian yang berbeda2 (sanguin, melankolis, phlegma, kholeris). Di sini diliat gimana interaksi kita sama peserta, cara ngadepinny, jangan dongkolan, harus sabar, tegas juga, dan harus bisa mengayomi adik-adik 2008 nantinya.

Simulasi ini berat banget mnurut gw, dan bagus banget kita dikasih materi ini soalny susah banget ternyata menghadapi orang dengan berbagai kepribadian. Ada yang nyolot, ada yang dieeeeem aje, ada juga yang maless bangetttt.

Nah,sampai dengan simulasi sanguin dan kholeris sih asik. Begitu masuk melankolis, gw sama Rama (Kriya 07) kan jadi pasangan sementara, kita dikasi pasangan gitu yang jadi peserta dengan kepribadian melankolis. Ceritanya dia lagi ada masalah gitu. Nah sebagai taplok kita musti mengayomi dia,ada masalah apa, ditanya2in, dibantuin gitu lah.

Di sini yang nyebelin. Gw akan inget2 tu nama orang. MANDA. ITEM DAN PENDEK. inget, ITEM DAN PENDEK, dan (maaf) TIKO. Abis itu kita simulasi, ditanyain. Jadi Rama lagi nanya2in dia, trus dia jawabnya takut lah soalnya kk-nya mukanya sangar, yang ga boleh ngomong sama orang asing lah, bla bla bla. Abis itu lanjut ke gw. Gantian gw tanya. Kronologi percakapannya gini (gw sebagai taplok/kk) =

"Kamu ada masalah apa? Cerita aja."
"Ga mau"
"Kenapa"
"Abisnya kk CINA sih. Orang CINA kan sukanya DAGANG, jadinya orang INDO hidupnya susah..."

(statement di atas GA ADA yang gw UBAH. ASLI kaya gitu. Paling kurang satu dua kata....)

Nah,langsung dong gw NANCEP banget dikatain gitu, YA NGGAK SIH??

gw akuin gw emang CINA. dan sebagai taplok harusny gw SABAR. Tapi klo udah rasis gitu? Najis banget...Abis dia ngomong gitu, gw DIEMIN. Ngeliat juga males. JIJIK.

gw punya teman2 yang asli orang Indonesia, dan emang kita biasa rasis2an gitu,tapi sebatas bercanda. Misalnya ngatain "Ah,Cina lu,pelit..." trus gantian "Biarin,TIko lu,item.." dalam batas becandaan. Yang di atas itu? BECANDA? HAH? GAK LUCU. sumpah.

yaaa...cmn dapet bahan perenungan aj,ternyata musti ati2 juga dalam milih temen. Yang fanatik2 gini ni musti dihindarin, kalo perlu DIBASMI, DIBUNUHIN enaknya. serius,ga perna gw se-emosi ini soal rasis, tapi ini kelewatan menurut gw. Temen2 gw yang islam radikal aja ga pernah segitunya kok,lah ini ujug2 ngmong gitu? hihh...

11 comments:

Mikael Aditya Chandra said...

waduww.. para paraa..

trus jd lo diem aj? n ad yg denger jg?

kacaw2.. keterlaluan!!!!!

Anonymous said...

waks..
ajigile tu org..
sedeng...
tnang bet gw jg perna dgituin..

Anonymous said...

well, mister...mnding bsok loe coba tny lg ke orgny.....klo emank bercanda pastiny dia bakal say sorry gtu2 la...klo ngga, ya.......itu bner2 kacau bgt seh.

Anonymous said...

Trus lu jawab apa dong? =P

Albert (Sugiharto) said...

iya gw diemin aja... males nanggepinny euy...

@weha=jawabanny idem ma di atas,gw diem.. :D

Abhyasa said...

Anjrit parah bener... super rasis... apa boleh maenan kyk gituan?

Klo jadi lo sih, gw pasti lsg marah lho... gw sih pasti marah klo dibilang bgitu... although gw ga pnh krn gw (sori) tiko, ttp aja gw ga bisa terima...

Parah, ckck...

Anonymous said...

"wah wah wah, ckckck, gw aja selalu ngehormatin kalo interaksi ama org lokal (indo asli), kita semua sekiranya jg ngehormatin org laen saat berinteraksi, gak frontal gitu, kalo ngatain rasis ya paling ama temen2 jg, karena becanda, parah2.

BANTAI2 hahahahhaa.

sapa yg gak tau diri skr? sapa yg majuin indonesia? org CINA, sapa yg bantuin musibah tsunami di aceh, gempa bumi di jawa? CINA, kita semua bantu, tp gini balesnya?

gak semua org Lokal kaya Manda sih, temen2 gw yg lokal pun bae2 aja tuh, gak pernah rasis malahan.

Well, semua tergantung orgnya lah ya.

Kalo yg namanya MANDA baca: sadar loe, loe berinteraksi sama berbagai macam ras di indo. untung lu gak di ausie kaya gw, di ausie lebih bejibun lagi jenis sukunya, characternya beda2 semua, saling menghormati donk, kalo lu hormati org kan org laen jg pasti hormati elu"

Albert (Sugiharto) said...

haha... emang kok,temen2 yg islam radikal aj ga pernah sefrontal itu kok ngatainny,paling dalam batasan becanda... "Ah cina lu,dikit2 diitungin..." udh abis itu ketawa2 lagi... ini baru jg tau nama ujug2 nyemprot... hrsny gw tampar yeee? wkwkwk...

Anonymous said...

waelah, yg ngomong cewe pula.
biasanya yg mulutnya lebih blak2an kan cowo.

ngg, yah, sabar deh bert, mo diperpanjang juga bikin tambah males. gak usah buang2 waktu sama orang kurang ber-edukasi.

btw, guyonan lo sama temen2 lo aje udah cukup tajem buat gw.. emang musti kebal kali ya..

Anonymous said...

Hah? Manda? Ada manda yang cina kan? WAKAKAKA (apa si gw...)

Sabar y bert, mungkin maksudnya bercanda (tp ga tau adat dan tempat).

Anonymous said...

haha..masi bs sabar aj lo..

ya bgs sih

kl gw sih dah gw jabanin tu org..
hahaahahha..

emosi dah kl ktmu org kek gt..

huahuahhaha