tentang si penulis

My photo
Bandung, Bandung, Indonesia
Seseorang yang sedang menempuh kehidupan di dunia arsitektural,khususnya ITB. Saat ini sedang menjalani kehidupan pasca tingkat 2 arsitektur dan sedang disibukkan persiapan untuk 'menyambut' adik2 2008 ke dalam wadah bernama IMA Gunadharma.

Wednesday, June 25, 2008

Diklat Taplok Ke-4

yup,akhir2 ini postingan gw sekitar diklat taplok melulu ya? Moga2 blom pada bosen,hehe.

Jadi hari ini diklatnya mengenai komunikasi. Ada briefing singkat soal materi dari Kak Shana yg presiden KM (TI '04) sama kak Dika,senator HMTL (TL '04). Tadi dikasi materi soal bagaimana itu berkomunikasi, ada sender, receiver, media, dan feedback. Keempatnya musti berjalan dengan baik.

Intinya sih gimana kita nantinya sebagai taplok harus bisa berkomunikasi sama anak2 taplok kita,soalnya kan mereka punya kepribadian yang berbeda2. Selain itu juga gimana nyiptain dinamika kelompok,biar ga terjadi saat2 *krik2...zinkkk....* gitu...wkwkwk...

Tambahan dari Kak dika,sebenernya taplok itu paling berat tugasnya,dan paling perlu dapet olah rasa. Kalo keamanan pas capek,ga perlu olah rasa juga mukanya pasti mesem. Klo taplok cape,nah mukanya ga boleh lesu gitu,musti tetep semangat.

Nah...abis materi,kita dibagi kelompok gitu. Berhubung pasangan gw ga dateng lagi,gw dipasangin sama Dewi (Bio '07),yg kebetulanny dia itu sanguinis,cocok lah,haha. Kita dikasi tugas untuk mewawancarai orang di spot2 masing2. Kelompok gw dapetny di Riau, di Heritage situ (wah pas banget deket kosan gw,hehe..!!).

Singkatny udah di spot,dikasi waktu setengah jam,dan kita musti ngobrol2 selama 15 menit sama seseorang,berpasangan. Naah,gw sama Dewi ke depannya Heritage,di situ ada yg jual cenderamata gitu,namanya Pak Ujang. Mukanya sih sangar,tapi ternyata setelah diajak ngobrol orangnya baik dan asik! Akhirny ngobrol ngalor ngidul,dari tempat tinggalny di Gagak (klo ga salah tulis...),dan dia udah jualan setahun di situ gara2 sebelumnya di PHK. Pas tengah2 ngobrol,ada Pa Cecep yg jualan kacamata. Responnya juga baik,tapi ga laman ngobrol,dia musti jualan lagi. Trus ga lama dateng Pak Ade,naah,ternyata ini orang kakakny si pak ujang. Dia jualan majalah2 gitu di spot yg sama. Ngobrol2 keasikan ampe dipanggil PH,tau2 udah 15 menit aja,trus ngumpul lagi,ngereview sama kak Resky (GL '06) sama kak Ian (TK '06).

Kirain udahan,eeh,lanjut lagi,suru ngobrol singkat lagi sama orang yg berbeda. Waktunya 10 menit doang. Nah,biar cepet nyari deh tukang parkir di deket gedung pos. Ketemu,namanya Pak Ahmad. Ngobrol2 bentar,eeeh orangny sibuk markirin sana sini,jadi ga enak,akhirny kita pamit deh. Dah abis itu ngereview lagi,terus bikin resume singkat. Udah kelar,acara selese,aturan pulang,malah pd ngisi buku perkenalan sambil kenal2an lagi. Lumayan nambah temen,ada Ali - temennya Robbi (GL '07), Diedha (Mikro '07), Sate (GL '07), Syifa (Kimia '07),Lita - pasangannya Soen (Sipil 07),Ray - yg menjadi asal muasal Bayu dipanggil BC (FT 07),Een (Kimia 07),Rahma (Mikro '07),Ryan (Sipil '07), dan Ragil (FKK 07). LUmayan nambah kenalan.

Abis itu pulangny gimana? Yang lain sih ke ITB lagi, dan gw? NGESOT ke Jonas Photo. Ya iyalah,tinggal belok, udah masuk Tirtayasa, lanjut ke Wira Angun-Angun tercinta deh,hwhwhw.

Intinya pertemuan hari ini seru banget! Gw blajar banget gimana caranya berkomunikasi sama orang. Ga boleh maksa, tapi juga ga boleh pasif. Terus dapet banyak temen2 baru, misalnya si Sate yang ternyata sama2 melankolis kaya gw (HIDUP MELANKOLIS !! :D). In short,diklat hari ini menyenangkan!!!

2 comments:

Anonymous said...

woaaaahhhh..

ud ke-4 aj diklatny.. mpe brp si? belasan ada ga? wuakaka..

hoho pasangan lo yg awalny kmana tu? batal jd panitia kali tu..

Albert (Sugiharto) said...

mm...ndak tau,kyny bisa lebih deh... kan tiap senen rabu jumat... tapi nanti pertengahan juli kan eike cabut osjur bos,wakaka... mungkin jg dipadetin sekarang,kan nanti pd mo osjur juli...

ga tau,gw nanya tmn gw yg plano jg ga taw dia kemana,wakaka... biarin aj deh..